Yogyakarta merupakan provinsi yang punya keindahan alam yang lbegitu menakjubkan. Banyak sekali objek wisata alam yang ada di Jogja ini. Untuk anda yang ingin berwisata di Jogja, saat ini ada tempat wisatahits yaitu Air Terjun Kedung Pedut di Girimulyo. Air terjun ini bisa dikatakan tinggi dengan dilengkapi kolam pemandian bertingkat dibawah aliranya. Lain halnya dengan air terjun lain yang lokasinya berdekatan, Air Terjun Kedung Pedut ini tidak pernah kering di sepanjang tahun. Apabila kita melihat foto di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo Yogyakarta ini sekilas akan tampak seakan akan memiliki dua warna. Inilah hal yang membuat air terjun ini istimewa dan populer sebagai air terjun dua warna.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Wisata alam kedung pedut letaknya berada di dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Desa jatimulyo pernah memperoleh penghargaan sebagai desa terbaik no. 2 di Jogja saat tahun 2015. Untuk menuju lokasi wisata alam ini bisa dibilang sulit, sebab para pengunjung akan melewati jalan yang naik turun melewati perbukitan menoreh, jalan yang rusak dan juga banyak yang keadaannya berlubang.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo letaknya di sebelah bawah dari kawasan Taman Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang Soka. Akses jalan untuk menuju Air Terjun Kedung Pedut memang jauh dibandingkan wisata air terjun yang lain. Untuk menuju wisata ini ada yang menyarankan untuk menuju ke air terjun ini lewat jalur Clereng. Keadaan jalan cukup yang lebar serta bisa dilalui kendaraan beroda empat. Akan tetapi karena medan jalan naik turun sebaiknya memakai kendaraan yang cukup prima kondisinya.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Pedut di Girimulyo

Sebelum sampai di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, pengunjung akan diarahkan melintasi beberapa wisata pelengkap yang berupa beberapa air terjun kecil. Ada juga sumber mata air yang dinamakan Sendang Penglarisan. Air Terjun Kedung Pedut termasuk air terjun tertinggi serta terbesar pada kawasan wisata air terjun Kedung Pedut yang ada dibalik tebing di belakang area kolam pemandian. Air terjun ini juga punya ketinggian kurang lebih 15 meter dengan jatuhan air langsung meluncur pada dasar. Dan di bagian dasar air terjun dibuat sebuah kolam hasil dari bendungan aliran air dengan memakai tumpukan batu.

Dari pada kawasan air terjun lain pada sekitar desa Jatimulyo atau kecamatan Girimulyo, Air Terjun Kedung Pedut punya banyak keunggulan seperti penataan kawasan yang cukup matang serta pengembangan kawasan yang telah terencana. Air Terjun Kedung Pedut ini kedepannya juga bisa menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan yang bisa disejajarkan dengan obyek wisata yang lainnya.

Kolam Sumber Mata Air

Di air terjun ini juga sudah disediakan kolam dari mata air yang bersih. Kolamnya sangat bersih sebab sumber air asalnya dari air terjun serta sumber mata air yang muncul dari balik tebing. Untuk anda yang ingin menuju wisata ini, lebih asyik menggunakan kendaraan sepeda motor. Sebab jalanannya bisa terbilang sulit. Medannya juga naik turun. dan untuk anda yang datang dari luar daerah dan tidak membawa sepeda motor, anda bisa menyewa sepeda motor dengan harga yang murah di Jingga rental. Jingga Rental menyediakan berbagai pilihan motor yang bisa anda gunakan untuk berkeliling wisata di Jogja dan sekitarnya. Perjalanan anda juga akan terasa lebih menyenangkan bersama dengan jingga rental.