Untuk anda yang ingin berwisata di Jogja, saat ini ada tempat wisata yang berbeda dengan yang lainnya. Wisata tersebut yaitu desa wisata Rumah Teletubbies di Prambanan. Rumah Domes atau yang populer Desa Teletubbies termasuk sebuah perkampungan yang tampak unik di sisi timur dari kota Yogyakarta. Semua bangunan yang terdapat di kampung tersebut menggunakan desain rumah yag sama yaitu dengan bentuk separuh bola atau dome atau kubah. Bentuk rumah itu ternyata memiliki kemiripan dengan rumah boneka yang sangat lucu dalam serial anak-anak antara lain yaitu Teletubbies. Desa yang memiliki bangunan rumah yang sama saat ini menjadi tempat wisata yang menarik.

Lokasi Desa Wisata Rumah Teletubbies
Desa Wisata Rumah Domes ini lokasinya bertepat di dusun Nglepen, desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, kabupate Sleman, daerah IstimewaYogyakarta. Lokasi Desa Wisata Rumah Domes tepatnyadi dekat jalan utama penghubung antara Prambanan Sleman dengan Piyungan Bantul.

Rute Desa Wisata Rumah Teletubbies
Terdapat dua cara dalam menuju ke tempat wisata ini jika dari pusat kota Yogyakart. Untuk yang pertama melalui Jalan Solo kemudian untuk yang kedua melewati Jalan Wonosari. Rute pertama bisa lewat Jalan Solo yang mengarah ke Candi Prambanan. Sesudah sampai di pertigaan Prambanan ambilah jalan ke arah kanan menuju ke Piyungan. Beberapa kilometer kemudian, ikutilah papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Rumah Domes ke arah kiri sampai bisa sampai di lokasi.

Kemudian untuk rute yang kedua yaitu melalui Jalan Wonosari yag menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan kota Wonosari Gunungkidul. Sesudah sampai pasa pertigaan sebelum tanjakan Piyungan-Patuk beloklah arah ke kiri menuju ke Prambanan. Beberapa kilometer kemudian anda bisa ikuti papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Rumah Domes ke arah kanan hingga sampai di lokasi. Jarak serta waktu tempuh antara keduanya tidak jauh berbeda. Kemudian untuk akses jalan yang dilalui juga bisa dikatakan cukup lebar dan baik.

Daya Tarik Rumah Domes Teletubbies
Rumah Domes pada mulanya dibangun di kawasan tersebut untuk dijadikan sebagai tempat tinggal pengganti dan sementara untuk para korban bencana gempa yang melanda Yogyakarta dan sekitarnya saat tahun 2006. Gempa besar itu meluluhlantahkan satu desa dan sudah tidak bisa dibangun lagi. Sebab keadaan tanahnya amblas. Arsitektur rumah yang juga memiliki bentuk kubah ini dibangun dengan desain yang tahan terhadap gempa dan tahan terhadap api jika misalnya terjadi kebakaran. Dana pembangunan rumah ini asalnya juga dari luar negeri. Dan rumah ini juga diberikan dengan cuma-cuma untuk warga satu desa yang tempat tinggalnya hilang terkena gempa bumi . Di dalam meningkatkan kunjungan wisata, Desa Wisata Rumah Domes Teletubbies ini ternyata juga mengikuti tren yang saat ini sedang berkembang juga . Mengikuti tren dengan warna warni yang telah dibuat di beberapa kampung yang ada di di Indonesia. Seperti halnya kampung pelangi yang ada di Semarang dan juga yang ada di Malang Jawa Timur. Para pengelola desa juga mengecat seisi kampung supaya tampak cerah dan menarik untuk dikunjungi.

Pengunjung Desa Wisata Rumah Domes bisa berkeliling kawasan pemukiman guna melihat keunikan banguan rumah yang berbentuk setengah bola tersebut. Saat ini sudah tersedia beberapa rumah dome yang dijadikan tempat menginap pengunjung yang hendak merasakan uniknya tinggal serta bermalam di rumah teletubbies tersebut. Fasilitas lain di terdapat sekitar kawasan ini yaitu berupa warung makan, area parkir, kamar mandi umum, dan lain sebagainya. Dan secara keseluruhan Desa Wisata Rumah Domes bisa dijadikan sebagai wisata alternatif yang unik serta jarang dijumpai di tempat lain.

Untuk anda yang ingin mengunjungi wisata ini dan sekaligus berkunjung wisata di sekitarnya, anda bisa menggunakan kendaraan sepeda motor di Jingga Rental. Jingga Rental menyediakan kendaraan motor yang bisa anda gunakan untuk berkeliling menikmati wisata Jogja dan sekitarnya.