Salah satu tempat wisata seru yang ada di Jogja dengan pemandangan yang unik dengan gundukan pasir yang sangat luas adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.Tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, terdapat sebuah fenomena alam yang sangat menarik untuk disambangi. Konon, fenomena alam ini termasuk langka dan hanya bisa ditemui di dua tempat di dunia, yakni di Indonesia dan di Meksiko.

Terletak di Parangtritis, Yogyakarta, disini pengunjung bisa memuaskan rasa penasaran terhadap gurun pasir. Untuk membentuk hamparan pasir sebegitu luasnya membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. Gumuk pasir di Jogja sendiri merupakan hasil material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus sungai Progo dan Sungai Opak kemudian mengendap. Endapan itu terus menerus dihantam oleh ombak. Pada saat itulah butiran pasir terbawa oleh angin dan terhempas dan membentuk gundukan-gundukan pasir yang saat ini dikenal dengan Gumuk Pasir itu.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Fenomena alam Gumuk Pasir terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, atau di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Panjangnya kurang lebih 15,7 km.
Akses menuju kawasan ini cukup mudah. Dari Yogyakarta kamu tinggal menyusuri Jalan Parangtritis. Setibanya di pos retribusi Kawasan Obyek Wisata Pantai Parangtritis belok ke kanan arah Pantai Depok. Sebelum bertemu pos penjagaan retribusi Pantai Depok belok kiri arah Pantai Parangkusumo. Dari sana kamu tinggal lurus saja dan kamu akan melewati Museum Geospasial Gumuk Pasir dan landasan pesawat terbang kecil.

Apa yang Bisa Dilakukan Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Uniknya gumuk pasir ini sudah biasa menjadi surga para fotografer. Selain menjadi tempat foto narsis, gumuk pasir juga menjadi incaran para pasangan-pasangan yang ingin mengambil gambar untuk pre-wedding. Ada juga para fotografer dan model profesional yang menjadikan tempat ini untuk setting photo session mereka. Bukan itu saja, Gumuk Pasir sering pula digunakan untuk lokasi pembuatan videoklip juga shooting film. Seperti video klip Agnes Monica (Godai Aku Lagi) dan HiVi (Orang ketiga) digarap disana.

Bagi pemilik motor trail maupun mobil off road, gundukan pasir di sini bisa kalian coba. Dengan karakter dan kontur pasirnya, kamu akan memperoleh pengalaman seru saat merayapi gundukan pasir yang ada di sana.
Jika trekking di pegunungan terasa membosankan dan tidak menantang, kamu bisa coba lokasi ini untuk menguji kekuatan fisikmu. Kamu cukup berjalan mengelilingi kawasan Gumuk Pasir Parangtritis ini dan rasakanlah sensasi yang berbeda dengan trekking di dataran tinggi.

Sandboarding adalah olahraga yang mirip dengan skateboard dan surfing. Intinya meluncur dengan board atau papan pada sebuah jalur. Bila surfing di lakukan di atas ombak, skateboard dilakukan di atas aspal, maka sandboarding dilakukan di atas pasir. Aktivitas ini tidak memerlukan keahlian khusus, siapapun boleh dan bisa melakukannya. Kamu hanya cukup berdiri di sebuah papan luncur dari ketinggian gundukan pasir, lantas condongkan badanmu dan meluncurlah dengan bebas.

Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Anda harus membayar tiket masuk wisat GumukPasir di pos retribusi Obyek Wisata Pantai Parangtritis harganya Rp 5.000 / orang. Tarif sewa papan seluncur Rp 70.000 hingga Rp 200.000.

Nah, bagi anda yang sedang berada di Jogja dan ngin menikmati wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini, bisa dengan mudah menikmati perjalanan dengan menyewa motor di Jingga rental. Alamat nya di Jalan lempuyangan PJKA no.8 Yogyakarta tepatnya di depan stasiun Lempuyangan Jogja . Info lengkapnya bisa juga kunjungi website Jinggarental.com