Berkunjung ke Jogja memang tidak akan pernah bosan. Kota ini lagi-lagi menghadirkan tujuan wisata yang sangat memukau. Kebun Teh Nglinggo menjadi salah satunya. Hamparan hijau nan luas dengan hawa sejuk yang amat segar ini terletak di kawasan Perbukitan Menoreh yang berada di Kulonprogo. Tempat ini menjadi satu-satunya kebun teh yang terdapat di kawasan tersebut.

Kebun Teh Nglinggo yang dulu terkenal dengan sebutan Tanah Misi bada dalam wilayah dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Kebun teh ini terletak pada ketinggian sekitar 900-1000 meter dari permukaan air laut.

 

Pemandangan Kebun Teh Nglinggo Yang Asri

Ketika berwisata di Kebun Teh ini kegiatan yang menarik yang dapat dilakukan yaitu menikmati puncak 8 perbukitan yang terlihat dari kejauhan. Hembusan angin yang amat sejuk dengan udara yang masih bersih dan segar akan menambah ketenangan. Disamping itu, Anda dapat menikmati pemandangan petani yang memetik pucuk-pucuk daun teh yang terjadi saat musim panen.
Anda juga bisa mengikuti jalan untuk melakukan trecking yang sangat menyenangkan. sambil menikmati alam nan hijau, lanjutkan perjalanan dengan menyusuri satu per satu anak tangga menuju ke puncak kebun. Walaupun lumayan menguras energi, tapi begitu sampai di atas maka indahnya landscape terhampar di depan dua mata kita akan meluruhkan rasa lelah.

 

Pemetik Teh Pagi Hari Jadi Pemandangan Tersendiri

Pengunjung yang berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo pada pagi hari akan melihat aktivitas memetik daun teh yang dilakukan para petani. Kegiatan memanen ataupun memetik daun teh ini dilakukan sesudah matahari terbit juga sebelum sinar matahari terasa menyengat. Aktivitas memetik daun teh ini berakhir ketika karung yang dibawa petani telah penuh atau cahaya matahari mulai menyengat, tinggal mana yag lebih dahulu. Daun teh hasil dari panen tadi langsung dibawa ke pabrik pengolahan teh UP Samigaluh. Letaknya berada di sebelah bawah Kebun Teh Nglinggo.

 

Kebun Teh Nglinggo
Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 3.000,-
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-

Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo

Perjalanan menuju ke kebun teh kulon progo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Rute bisa dimulai dari arah Jogja yakni jalan Godean ke arah barat sampaiĀ  melewati sungai Progo. Dari sana ikuti terus jalan hingga menuju ke jalan Samigaluh hingga menempuh jarak sekitar 2 kilometer kemudian akan dijumpai pasar yang terdapat pertigaan dengan tulisan arah menuju ke Desa Nglinggo.

Gerbang masuk Kebun Teh Nglinggo adalah desa wisata Nglinggo yang mengelola wisata di sekitar kawasa tersebut. Pengunjung yang memasuki wilayah desa wisata tersebut ditarik retribusi masuk oleh pengelola kawasan wisata. Pesona yang ditawarkan Desa Wisata Nglinggo ini ada dua macam yakni Kebun Teh Nglinggo dan Air Terjun Grojogan Watu Jonggol. Beberapa puluh meter setelah melewati gerbang masuk, terdapat jalan bercabang dan pilihlah jalan menuju ke arah Kebun Teh Nglinggo. Keadaan jalan perlahan cukup menanjak tajam lalu mulai terlihat area perkebunan teh yang ada di tepi jalan. Kendaraan wisatawan dilarang berhenti disembarang tempat dan telah disediakan lahan parkir di sekitar area kebun teh.

Saat anda ingin menikmati perjalanan ke kebun teh Nglinggo dengan motor, jingga rental siap melayani anda. Jingga rental menyewakan sepeda motor untuk anda berkeliling Jogja. Alamat kami di jalan Lempuyangan PJKA no.8 Yogyakarta. Depan stasiun lempuyangan Jogja.