Wisata yang ada di Gunungkidul memang sedang menjadi sorotan para wisatawan. Banyak tempat wisata baru yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah wisata pantai seperti pantai Watu Nene. Nama yang masih begitu asing bukan di telinga anda ? Tapi untuk para traveller tempat ini menjadi idaman.

Pantai ini memang belum begitu terkenal karena lokasinya yang tersembunyi. Tetapi banyak keunikan dan keindahan yang didapat di pantai ini, dari mulai pasir putihnya yang lembut, air laut yang bersih, serta batu karang yang kokoh menjulang tinggi. Dari kota Yogyakarta, pantai Watu Nene berjarak sekitar 80 km dan dapat ditempuh dengan waktu 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Deburan Ombak Pantai Watu Nene

Selama perjalanan menuju pantai ini, banyak pepohonan yang rimbun di sekitar jalan. Pemandangan seperti itulah yang menambah kagum para wisatawan seakan menyatu dengan alam sekitar. Hanya dengan membayar biaya retribusi Rp 10.000 per orang, anda dapat menikmati deretan ombak yang ada di sekitar pantai.

Dari atas ketinggian, tidak terlihat begitu luas tetapi cukup panjang. Para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan pantai tersebut, tetapi banyak juga yang memilih tempat tersebut untuk dijadikan camping. Pantai ini masih terasa sunyi dan asri dengan deburan ombak yang membuat hati tenang. Tidak ada sampah berserakan ataupun bekas-bekas ranting disana. Hal ini yang membuat pantai tersebut menjadi pilihan lokasi anda. Tebing yang menjadi penghalang sinar matahari juga menujukkan keindahan tersendiri.

Para pengunjung yang ingin ke lokasi, biasanya memarkirkan kendaraannya di area parkir Pantai Seruni, karena jarak antar kedua pantai tidak begitu jauh. Di Pantai Watu Nene memang belum terdapat area parkir. Tempat ini memang masih dijamin bersih dan tidak ada polusi kendaraan. Keistimewaan lain dari pantai ini yaitu adanya sebuah tebing yang membentang. Tebingnya sangat unik karena batuan yang menyusun tebing membentuk sebuah garis yang menawan. Di tebing juga ada tanaman, semak belukar, dan juntaian akar-akar pohon yang terlihat menggantung.

Ada Dua Jalur Menuju Pantai Watu Nene

Ternyata ada dua jalur untuk bisa dilewati menuju pantai ini. Pengunjung bisa melewati jalur atas dengan memanjat tebing. Tepat di puncak tebing, anda bisa melihat indahnya pantai yang begitu menakjubkan. Jalan dengan jalur atas telah dibuat oleh nelayan setempat sebagai jalan alternatif. Sedangkan jalur kedua yaitu jalur bawah yang hanya bisa dilewati saat air laut surut. Untuk para pengunjung disarankan untuk menggunakan alas kaki yang tebal karena karang begitu tajam.

Apabila anda berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan foto bersama rekan ataupun keluarga. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung dihimbau untuk lebih berhati-hati karena jalan masih berupa bebatuan. Selain itu jalannya begitu sempit untuk bisa berpapasan. Tapi hal itu malah membuat perjalananmu menjadi tambah mengesankan. Jika anda menggunakan kendaraan bermotor, pastikan kendaraan dalam keadaan yang prima. Bawalah perlengkapan seperti bekal secukupnya, jas hujan, kalau perlu pakaian untuk ganti. Buanglah sampah pada tempatnya atau anda bisa simpan di dalam kantong plastik agar tetap menjaga kebersihan.

Pantai ini menjadi salah satu pilihan wisata anda yang tidak banyak mengeluarkan biaya. Dengan sekali bayar, anda bisa menikmati indahnya 3 pantai sekaligus, yaitu Pantai Watu Nene, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Seruni. Tunggu apalagi, indahnya pantai telah menunggu kedatangan anda. Jingga Rental telah menyediakan jasa sewa motor demi kelancaran liburan anda.