Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun yang sangat indah dan berada di tengah-tengah persawahan. Untuk menuju di lokasi air terjun tersebut kita harus Trekking selama waktu kurang lebih 15 sampai dengan 20menit. Di sini kita bisa merasakanseperti halnya para petualang, sebab harus menempuh sawah terasering yang memiliki sudut kemiringan yang cukup menakjubkan. Selain itu untuk suasana alamnya juga tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan sawah terasering di Ubud Bali. Akses jalan yang di renovasi oleh warga menjadikan para pengunjung harus Trekking blusukan dengan melintasi galengan sawah. Dengan begitu kita harus berhati hati dalam melakukan perjalanan. Dan saat di titik terakhir para pengunjung harus jalan menurun memakai tali tambang yang telah disediakan oleh warga setempat.

Struktur dari Air Terjun Kedung Kandang juga bisa dikatakan berbeda dengan Air Terjun yang sudah pernah kita jumpai sebelumnya. Apabila kebanyakan Air Terjun aliran airnya langsung turun atau terjun pada sebuah kedung atau aliran sungai maupun laut dengan satu garis vertikal. Lain halnya di Air Terjun Kedung Kandang ini. Sebab aliran air ini tidak langsung turun vertikal, akan tetapi air terjun ini keadaannya berundak melewati kedung per kedun. Sehingga pada saat jika kita lihat dari kejauhan terlihat aliran air itu tampak mepesona seakan akan menyapa setiap wisatawan yang datang mengunjunginya. Ada juga hamparan rumput hijau yang disekitarnya pun juga terlihat seirama menjadikan kawasan air terjun ini terlihat semakin cantik dan mempesona.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Letak air terjun ini tepatnya berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang bertepatan pada Kecamatan Pathuk. Sebab air terjun ini memang satu pengolahan dengan objek wisata Gunung Api Pruba Nglanggeran. Hal ini juga disebabkan aliran air yang dimiliki oleh air terjun ini memang berasal dari Gunung Api Pruba Nglanggeran. Sedangkan untuk lokasi air terjun ini beralamatkan pada Perdusunan Sendang sari, yang masih merupakan dalam wilayah Desa Putat, Pathuk, kabupaten Gunungkidul.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Supaya bisa sampai pada Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul ini para wisatawan dapat memilih rute perjalanan dari kota Jogjakarta. Dari rute ring road bagian timur, sebaiknya masuklah pada kawasan Jalan Wonosari dengan melewati tempat wisata yang bernama Bukit Bintang.

Jika anda telah tiba pada pertigaan GCD lalu masuklah ke arah kiri kemudian ikutilah jalur petunjuk arah untuk menuju Gunung Apu Pruba. Sebelum masuk ke SMP Negeri 2 Pathuk di lokasi tersebut sudah terdapat gapura untuk menuju Desa Bobung. Dan anda bisa masuklah ke kiri agar dapat menemukan perempatan untuk menuju Nglanggeran.

Selanjutnya anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah sampai anda bisa tiba ke Warung Mie Ayam Piring masuklah gang yang terdapat di sebelahnya. Kurang lebih sekitar 200 meter dari lapangan voly ada tempat untuk menitipkan kendaraan dengan membayar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil. Selanjutnya perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 3 km menuju tempat tujuan.

Akan tetapi jika berkunjung ke wisata Air Terjun Kedung Kandang dan sekitarnya lebih baik menggunakan kendaraan sepeda motor. Sebab dengan mengendarai motor Anda dapat lebih hemat dan bisa sekaligus berkunjung ke banyak lokasi tanpa mengalami macet. Jika Anda tidak membawa kendaraan roda dua saat di sini, sewa motor di Jogja bersama Jingga Rental. Anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan jika Anda sewa motor di Jingga Rental.