Beragam tempat wisata bisa dengan mudah anda temukan di Jogja. Adapun salah satu tempat wisata tersebut ialah Taman Tempuran Cikal. Taman Tempuran yang ada di Dusun Cikal ini termasuk wisata baru yang lagi hits di media sosial. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook yang membagikan momen liburannya di Taman Tempuran. Jika anda juga tertarik ingin mengunjungi Taman Tempuran, ada baiknya anda simak dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Taman Tempuran Cikal

Taman Tempuran Cikal adalah wujud gotong royong warga Dusun Cikal dalam mengelola DAS (daerah aliran sungai) yang tak terawat menjadi kawasan wisata. Secara bertahap, warga membuat berbagai wahana mulai dari outbond hingga trail mini. Mengenai ikon wisata, nantinya wisatawan yang datang akan diajak untuk berkeliling dan mengunjungi langsung tempat kerajinan yang diproduksi oleh seniman setempat. Hal ini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Selain itu, Taman Tempuran nantinya juga akan menghadirkan Museum Bahan Pangan Tradisional. Sama halnya namanya, di dalam museum tersebut akan dihadirkan berbagai bahan pangan tradisional, seperti lembong, garut, tales dan umbi-umbian lainnya. Aneka bahan pangan tradisional tersebut ditanam langsung oleh ibu-ibu PKK. Dengan konsep kampung wisata, Taman Tempuran juga akan menyiapkan homestay hingga tur keliling kampung wisata memakai pedati.

Lebih menarik lagi karena pihak pengelola Taman Tempuran menyediakan paket tur. Paket tersebut mengharuskan wisatawan untuk mengenakan pakaian tradisional. Tak hanya itu, wisatawan juga akan disuguhi dengan menu makanan tradisional, seperti gudeg rebung, nasi mong-mong dan masih banyak lainnya. Kawasan wisata Taman Tempuran ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengadakan berbagai acara keluarga atau acara komunitas. Meski termasuk wisata baru, pihak pengelola mengaku sudah ada beberapa biro perjalanan dan hotel yang memesan tempat di Taman Tempuran untuk kegiatan mereka.

Saat anda mengunjungi Taman Tempuran, anda juga akan melihat beberapa gazebo yang dibuat dari bambu, panggung terbuka, kolam kura-kura, air mancur dan pelabuhan kecil guna menambatkan speed boat serta perahu yang disediakan untuk wisatawan. Disamping itu, disediakan juga arena permainan anak yang bisa menambah keseruan liburan di Taman Tempuran. Maka dari itu, pastikan anda memasukkan Taman Tempuran ke dalam list wisata anda dalam waktu dekat ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Taman Tempuran terletak di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Cikal, Desa Srimulyo. Wisata hits ini bisa anda kunjungi setiap hari pada jam 10.00–16.00 WIB. Mengenai harga tiket masuknya, pihak pengelola Taman Tempuran memberlakukan tarif tiket masuk yang terjangkau. Bagi anda yang ingin mencoba wahana speed boat untuk menyusuri sungai di kawasan Taman Tempuran, anda hanya perlu membayar Rp. 10.000. Sementara untuk anda yang ingin mencoba menaiki perahu jukung, anda hanya perlu membayar Rp. 5.000.

Jika anda berencana untuk mengunjungi Taman Tempuran Cikal, pastikan anda sewa sepeda motor di Jingga Rental. Hal ini dikarenakan sewa motor menjadi solusi terbaik untuk menghindari kemacetan dan bisa lebih hemat waktu. Bersama Jingga Rental, anda juga akan dihadapkan dengan proses dan syarat sewa yang mudah. Bahkan Jingga Rental juga membekali anda dengan fasilitas yang lengkap, seperti helm SNI, masker, jas hujan dan masih banyak lainnya. Soal harga pun, Jingga Rental menawarkan layanan sewa motor dengan tarif terjangkau. Liburan anda ke Taman Tempuran akan terasa lebih menyenangkan apabila menggunakan layanan sewa motor Jingga Rental.