Bukan hanya menawarkan seni dan tradisinya saja, kota Yogyakarta adalah kota dengan banyak destinasi wisata yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya yaitu Pantai Greweng Gunungkidul. Banyak pantai tersebar di Yogyakarta dan memilki keunikan tersendiri. Pantai ini sering disebut-sebut sebagai pantai perawan karena belum terlalu banyak orang yang mengetahui letaknya.

Pantai ini memang sangat memikat para wisatawan terutama dia yang mempunyai hobi travelling. Wisata Pantai Greweng terletak di Jalan Penduwo, Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55883. Lokasi pantai yang satu ini sangat berdekatan dengan Pantai Sedahan, Wediombo, dan Jungwok.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng Gunungkidul

Pantai yang indah ini tidak kalah dengan pantai lainnya yang juga berpasir putih. Meskipun lokasi untuk mencapai pantai ini cukup sulit, hal itu bukan menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk mencari dimana letak pantai ini. Untuk sampai ke tujuan, anda hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang dan cukup membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja.

Untuk menuju pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil melalui beberapa jalur. Jalur yang pertama, anda dapat melewati daerah Piyungan dan jalur kedua melewati jalan Wonosari. Setelah sampai di lokasi, anda akan melihat jalan setapak yang luas dan lapang. Lokasi yang sedikit terpencil ini membuat pantai cukup sulit untuk dijangkau, terutama bagi wisatawan yang pertama kali datang.

Pantai Greweng Gunungkidul berada di balik Pantai Jungwok. Jadi, untuk wisatawan yang kesana harus berjalan kaki sekitar 20 menit untuk sampai ke tujuan. Namun jangan khawatir, jika anda sudah sampai di pantai ini, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah, pegunungan berhawa sejuk, dan pepohonan yang rindang. Pantai ini tidak hanya digunakan untuk berwisata, tetapi pengunjung dapat memancing di bukit karangnya.

Bagi anda yang gemar memancing, mungkin ini pilihan yang tepat untuk merealisasikan hobi anda. Tetapi pengelola pantai belum menyediakan peralatan pancing, sehingga anda dapat membawanya dari rumah. Tidak hanya hamparan pantai yang indah dengan perbukitannya, di Pantai Greweng ini juga memiliki sungai yang airnya langsung dari mata air. Tentu air ini sangat jernih sehingga terlihat batu karangnya. Di sana juga terdapat gua yang biasanya dijadikan spot foto para pengunjung. Salah satu pantai di Gunungkidul ini juga biasa digunakan untuk camping karena area pasir yang cukup luas. Di area pantai juga terdapat beberapa warung kopi yang menjual pop mie, roti, dan minuman kemasan.

Asal Mula Pantai Greweng Gunungkidul

Menurut warga sekitar Pantai Greweng dulunya sebagai tempat bertapa Nyi Roro Kidul dan Soekarno. Di sekitar pantai terdapat goa yang dulunya dijadikan tempat bertapa. Di goa tersebut terdapat tali pembatas agar tidak sembarangan orang bisa masuk kesana. Greweng itu berarti berlubang, yang dimaksud lubang adalah goa itu sendiri. Barangsiapa bisa masuk ke dalam goa, maka permintaan akan terpenuhi. Begitu cerita dari warga setempat tentang asal mula pantai.

Keindahan alami yang diberikan pantai sungguh menakjubkan di hati wisatawan. Bahkan masih banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang masih mengincar pantai ini untuk menjadikan salah satu pilihan wisata mereka. Masing-masing pantai di Gunungkidul memberikan keunikan yang berbeda-beda. Pantai Greweng Gunungkidul memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai lain, yaitu para wisatawan bisa dengan bebas memancing dan membawa ikan hasil tangkapannya dengan cuma-cuma. Untuk mempermudah perjalanan wisata anda, maka anda bisa menyewa motor di Jingga Rental. Untuk info lebih lanjut, anda bisa kunjungi websitenya di jinggarental.com.