Liburan ke Yogyakarta, gampang banget untuk mencari kemeriahan. Cukup main ke Alun-alun Kidul Yogyakarta di malam hari. Alun-alun Kidul Yogyakarta adalah tempat murah meriah tapi seru untuk warga Yogyakarta menikmati keseruan. Wisatawan tentu bisa ikutan gabung bersama mereka. Alun-alun Kidul enaknya didatangi sejak sore. Apalagi di akhir pekan, alun-alun ini ramai wisatawan dan warga setempat.

Wilayah Kraton Ngayogyakarta menyediakan berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan dari pagi hingga malam. Salah satunya, adalah Alun-alun Kidul yang berlokasi sekitar 15 menit dari titik nol Malioboro, tepatnya di sudut paling Selatan istana Kraton. Pada tahun 1960 hingga 1980-an, Alkid tidak menarik perhatian wisatawan sama sekali. Kala itu kondisinya tak terurus dan banyak tunawisma berkelana. Sekarang kondisinya sudah jauh berbeda. Kini Alkid dikenal sebagai salah satu spot wisata aktif di Yogyakarta.

Wisata Malam Alun Alun kidul

Apa yang bisa dilakukan di sini? Banyak banget. Alun-alun Kidul terkenal dengan pohon Beringin Kembar, tradisi Masangin dan mitos yang meliputinya. Barang siapa dengan mata tertutup bisa melewati kedua pohon itu, maka hatinya bersih dan lapang.
Anda jangan heran jika melihat banyak orang yang matanya tertutup mencoba berjalan dari pinggir alun-alun ke titik dua beringin ini. Selain itu, beringin kembar ini dipercaya sebagai pintu gerbang Laut Selatan.

Apalagi yang seru? Tunggu sampai malam tiba. Mobil onthel penuh lampu warna-warni pasti menarik perhatian kita. Ini sebenarnya adalah sepeda hias macam odong-odong dengan diberi body fiber dan berhias lampu hias yang meriah.

Kita bisa menyewanya dan mengayuh ramai-ramai bersama teman dan keluarga, mengelilingi alun-alun. Harga sewanya Rp 30 ribu untuk mobil hias kapasitas 4 orang dan Rp 50 ribu untuk mobil hias berpenumpang 6 orang.

Merasa bosan dan coba hal seru lainnya, cobalah melewati pohon beringin penuh mitos ini. Barangsiapa yang dapat berjalan lurus di antara dua buah pohon beringin dengan mata tertutup, maka hatinya bersih dan cita-citanya akan terkabulkan. Aktivitas ini adalah mitos yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan masangin. Untuk yang tak bawa penutup mata dapat menyewa kain hitam Rp 4.000 untuk tiga kali mencoba.

Jika masih ada tenaga, siapkan kopi untuk melek semalam suntuk menonton pertunjukan wayang kulit di Sasono Hinggil Dwi Abad, sudut utara Alkid, mulai pukul 21.00 – 05.00. Selamat begadang!

Rute Menuju Alun Alun Kidul

Bla hendak pergi ke Alun-alun Kidul tidak sulit. Dari jalan Malioboro, Alun-alun kidul Jogja bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum maupun pribadi. Namun kebanyakan para wisatawan yang datang dengan menggunakan bis lebih memilih menggunakan jasa becak yang mangkal di ujung jalan Malioboro depan kantor Pos Indonesia. Jalan ke alun-alun kidul Jogja dari arah Malioboro bisa ditempuh 15 menit menggunakan becak dengan tarif kurang lebih Rp.15.000,-. Rutenya dari jalan Maliobro lurus ke arah selatan menuju alun-alun utara yang terletak di depan Keraton Jogja. Lalu berbeloklah ke kiri (ke arah timur). Setelah pertigaan pertama, belok ke kanan lewati lorong benteng keraton yang posisinya melintang di atas jalan. Setelah itu berbeloklah ke kanan sekali lagi pada perempatan gang kecil yang ke empat.

Jika anda ingin naik motor, maka jingga rental siap melayani anda. Jingga rental menyewakan sepeda motor untuk anda berkeliling Jogja. Alamat kami di jalan Lempuyangan PJKA no.8 Yogyakarta. Depan stasiun lempuyangan Jogja. Kunjungi website kami jinggarental.com.