Kota gede Yogyakarta termasuk juga salah satu bekal wisata Daerah Spesial Yogyakarta yg melengkapi beraneka destinasi menarik yang lain, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Malioboro, Goa Pindul, Kaliurang, dsb. Pasalnya, di Kotagede yang begitu kental dengan sejarah dan kenangan masa lampau, kamu akan melihat kekayaan budaya Yogyakarta yang begitu khas.

Wilayah Kotagede Jogja dapat dibilang sebagai salah satu tujuan wisata budaya yang kental dengan unsur – unsur sejarah. Bila Anda suka atau ingin tahu banyak hal mengenai kesejarahan, maka tempat wisata di Kotagede Jogja inilah yang jadi pilihan paling tepat untuk liburan Anda nanti. Kotagede Jogja atau sering disebut dengan Kota Tua ini memiliki begitu banyak jenis bangunan tua yang hingga kini masih berdiri kokoh dan inilah saksi bisu sejarah kota Jogja. Jadi jangan heran bila Kotagede Jogja memiliki sejumlah spot wisata yang menarik.

Wisata Menarik Di kota Gede

Kota Lanjut Usia ini memiliki tidak sedikit berbagi macam bangunan lanjut umur yang jadi saksi histori. Jika berkunjung ke Kotagede, Kamu serasa berada dalam mesin diwaktu yang mengambil kembali ke thn 1700-an. Jika dihitung ada kurang lebih 170 macam bangunan kuno yang ada di sana yang dibangun dalam rentang diwaktu beberapa ratus tahun, ialah th 1700 sampai 1930-an. Dari arsitektural bangunan yang berbeda-beda, Kamu bakal menelusuri satu persatu kisah historis di balik berdirinya bangunan tersebut.

1. Pasar Tradisional Kota Gede
Salah satu spot wista menarik yang bisa ditemukan di Jogja. Pasar itu sudah ada dari sejak jaman kerajaan serta masih tetap bisa aktif sampai saat ini. Pada setiap hari legi dalam Penanggalan jawa, aktifitas jual beli di tempat ini begitu marak. Para penjual dan juga pembeli serta berbagai barang dagangan selalu penuhi pasar Kotagede. Bangunan pasar tersebut memang sudah alami beberapa kali renovasi, akan tetapi gaya arsitektural dan juga posisinya tak berubah sama sekali.

2. Masjid Agung
Ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di Jogja. Lokasi masjid Agung masih ada dalam area yang sama dengan lokasi makam dari pendiri kerajaan Mataram. Tak jauh dari lokasi kompleks makam pendiri kerajaan Mataram tepatnya di seberang jalan depan kompleks makam Anda bisa temukan spot menarik yang lainnya yaitu rumah tradisional asli Jawa.

3. Kompleks Makam Raja-Raja Mataram
Lebih Kurang 100 meter di arah selatan Pasar Tradisional Kotagede Yogyakarta, Kamu dapat menyaksikan tembok kokoh menjulang tinggi yg menaungi makam raja & tokoh-tokoh pendiri Kerajaan Mataram. Diwaktu memasuki kompleks makam tersebut, terlihatlah gapura bersama karateristik arsitektur Hindu.

4. Wisata Kerajinan Perak
Kotagede dikenal sebagai sentra kerajinan perak di Yogyakarta. Berbagai perhiasan dan perabotan perak yang indah dan cantik bisa kamu temukan di sini.Seperti perlengkapan minum teh dari perak bergaya etnik, sampai berbagai macam perhiasan misalnya cincin, kalung, dan gelang.
Tempat para perajin perak berada pada hampir setiap sudut Kotagede, mulai dari Pasar Tradisional Kotagede sampai Masjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam. Toko serta bengkel perajin perak mudah anda temukan di berbagai sudut-sudut Kotagede.

Ketika anda ingin menelusuri keindahan Kota Gede dengan segala keunikan wisatanya anda bisa menggunakan sepeda motor dengan cara menyewa  di Jingga Rental. Jingga rental siap melayani anda. Jingga rental menyewakan sepeda motor untuk anda berkeliling Jogja. Alamat kami di jalan Lempuyangan PJKA no.8 Yogyakarta.